24 January 2011

E-Commerce

Teknologi internet menimbukan cara baru dalam berdagang. Cara ini membuat konsumen meninggalkan cara-cara lama dalam berdagang. Cara lama yang lebih membutuhkan kehadiran fisik untuk bertransaksi, diubah menjadi kehadiran maya. Hal ini menjadi tantangan bagi dunia usaha dalam menyesuaikan diri dengan keadaan tersebut karena perdagangan yang berbasis manusia berubah menjadi perdagangan berbasis teknologi informasi.
Perubahan yang telah dibawa oleh teknologi internet antara lain :
a. Dalam dunia usaha, komunikasi dapat dilakukan langsung dengan pelanggan, penyedia jasa atau barang sehingga menghilangkan fungsi dan peran perantara.
b. Layanan kepada pelanggan tidak terbatas oleh waktu dan tempat. Internet merubah jam kerja dunia usaha menjadi 24 jam per hari.
c. Memperluas saluran distribusi karena dengan internet, produk atau jasa dapat ditawarkan langsung kepada pelanggan.
d. Menurunkan biaya transaksi karena penyedia jasa dan barang dapat menjual langsung kepada pelanggan sehingga memotong biaya yang seharusnya dibayarkan kepada perantara.
e. Meningkatkan mutu informasi kepada konsumen karena internet dapat menampilkan informasi secara detil
f. Meningkatkan jumlah pelanggan karena semakin banyak calon pelanggan yang terhubung internet, semakin besar pula pelanggan potensial dapat diraih.
E-commerce atau perdagangan elektronik merupakan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui media elektronik seperti internet, televisi atau jaringan komputer lainnya. E-commerce ini melibatkan kegiatan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventory otomatis dan sistem pengumpulan data otomatis. Untuk itu, diperlukan teknologi basis data atau database, e-mail atau surat elektronik dan bentuk teknologi non komputer lainnya seperti sistem pengiriman barang dan alat pembayaran untuk e-commerce itu sendiri.
Beberapa kegiatan e-commerce sebagai aplikasi dan penerapannya yang terkait dengan transaksi komersial yaitu transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran(e-marketing) atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange/EDI) dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment